• Januari 30, 2024

Makanan yang Dilarang untuk Pengidap Kanker Lambung

mikephilipsforcongress.com – Melansir dari American Cancer Society, pengidap kanker lambung pantang mengonsumsi daging merah seperti sapi, kambing, domba dan babi. Daging merah cenderung tinggi kandungan lemak jenuhnya sehingga bisa memperparah penyakit kanker. Selain daging merah, daging olahan seperti sosis, daging kalengan dan daging yang dikeringkan juga pantang dikonsumsi.

Contoh lain yang tidak dianjurkan adalah makanan yang diasap dan diasinkan untuk mengawetkannya. Kandungan garam dan pengawet yang cukup tinggi dapat melukai lapisan perut. Jadi, batasi makanan yang diasap dan diasamkan, misalnya daging asap dan ikan asin. 

Berbagai Faktor Penyebab Kanker Lambung

Perubahan DNA pada sel-sel lambung bisa dipicu oleh berbagai faktor, seperti :

  • Usia

Misalnya, seperti paparan racun, atau paparan sinar matahari dari waktu ke waktu. Ada juga kebiasaan merokok, pola makan yang tidak tepat, dan faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Nah, paparan ini dapat menyebabkan perubahan atau mutasi pada DNA. Menurunnya daya tahan tubuh seiring bertambahnya usia juga termasuk faktor penyumbangnya. 

Kanker perut umumnya menyasar orang di atas 55 tahun. Mayoritas pengidap kanker lambung adalah lansia berusia 60 hingga 70 tahun. Menurut para ahli, seseorang lebih rentan terpapar zat apapun atau melakukan kebiasaan yang tidak sehat seiring bertambahnya usia.

  • Riwayat keluarga

Potensi kanker lambung semakin meningkat pada individu yang punya riwayat keluarga mengidap kanker lambung. Selain itu, kelainan genetik bawaan lahir, seperti sindrom Lynch, kanker payudara dan ovarium herediter juga meningkatkan risiko kanker lambung.

  • Pola makan yang tidak sehat

Sering mengonsumsi makanan tinggi garam, makanan yang diawetkan, dan diolah dengan pengasapan meningkatkan risiko kanker lambung. Guna menurunkan risikonya, ganti makanan tersebut dengan sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

  • Telah menjalani prosedur operasi

Seseorang yang pernah menjalani operasi perut untuk mengatasi anemia pernisiosa atau aklorhidria lebih berisiko mengalami kanker lambung. Anemia pernisiosa terjadi ketika perut tidak mampu menyerap vitamin B12 dari makanan yang dikonsumsi.

Hal tersebut menyebabkan penurunan sel darah merah secara drastis. Sedangkan aklorhidria terjadi ketika tidak ada asam klorida dalam cairan lambung yang membantu mencerna makanan.

  • Kelebihan berat badan

Kelebihan lemak dapat meningkatkan produksi hormon dalam tubuh. Peningkatan hormon ini memicu sinyal untuk memproduksi lebih banyak sel. Akibatnya, pertumbuhan sel yang berlebihan memicu munculnya kanker.

  • Jenis kelamin

Penelitian yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology mengungkapkan jika pria dua kali berisiko terkena kanker lambung ketimbang wanita. Alasannya, hormon estrogen pada wanita mampu melindungi organ lambung dari peradangan, yang berujung pada kanker.

  • Bakteri

Helicobacter pylori atau yang bisa juga disebut dengan H. pylori adalah salah satu jenis bakteri yang memicu peradangan lambung atau luka pada lambung. Keduanya kondisi tersebut adalah penyebab utama kanker lambung.