• Januari 30, 2024

Rekomendasi Bahan Alami untuk Jamu Pelancar Haid 

mikephilipsforcongress.com – Jamu pelancar haid umumnya terbuat dari berbagai bahan alami. Bahan tersebut akan bekerja dengan menurunkan faktor yang menjadi penyebab menstruasi tidak lancar.

Beberapa bahan yang bisa kamu pakai, antara lain: 

1. Kunyit

Bahan untuk jamu pelancar haid yang pertama adalah kunyit. Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga membantu meringankan berbagai keluhan yang berhubungan dengan menstruasi, tak terkecuali menurunkan gejala PMS. Selain itu, kunyit juga menawarkan efek yang serupa dengan hormon estrogen yang menjadikannya efektif untuk melancarkan menstruasi. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit pada secangkir air hangat. 

Biarkan selama kurang lebih 10 menit sebelum kamu meminumnya. Supaya rasanya lebih enak, kamu bisa menambah madu dan perasan lemon pada ramuan kunyit. Ini berkat kandungan kurkumin dalam kunyit, senyawa yang memberikan warna kuning. Senyawa tersebut bekerja aktif dalam mengurangi inflamasi dan memperbaiki suasana hati menjelang atau selama menstruasi. 

2. Jamu pelancar haid dari jahe

Cara membuatnya juga tidak sulit, cukup tambahkan beberapa irisan jahe dalam air hangat atau teh hangat. Biarkan selama beberapa waktu sebelum kamu mengonsumsi minuman sehat ini. Supaya lebih nikmat, tambahkan madu dan perasan lemon dalam jamu tersebut. 

Jahe juga menjadi jamu pelancar haid berikutnya yang bisa kamu coba. Tak berbeda dengan kunyit, tanaman herbal ini juga menawarkan manfaat untuk mengatasi keluhan menstruasi, termasuk mengurangi gejala PMS. 

6. Jamu pelancar haid dari pepaya

Selanjutnya, ada buah pepaya yang mengandung karoten yang dapat meningkatkan kerja hormon estrogen. Hormon ini dapat membantu memicu kontraksi pada rahim sehingga siklus menstruasi menjadi lebih lancar. 

7. Cuka sari apel

Terakhir, jamu haid dari cuka sari apel. Bahan ini juga telah lama menjadi pilihan herbal untuk mengatasi berbagai keluhan menstruasi. Kamu bisa mengonsumsi sekitar 1 sendok makan cuka sari apel setiap hari untuk membantu melancarkan haid. 

3. Nanas

Tak hanya rasanya yang nikmat, buah nanas juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menjadi jamu pelancar haid. 

Selain itu, sifat antinyeri dan anti peradangan pada buah nanas juga menawarkan manfaat untuk meringankan nyeri menstruasi. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi minuman segar seperti smoothies. Ini karena kandungan bromelain pada buah nanas yang kabarnya dapat membantu melancarkan menstruasi. Caranya dengan melancarkan proses peluruhan pada dinding rahim. 

4. Teh chamomile

Manfaat teh chamomile untuk kesehatan juga sudah tidak perlu kamu ragukan lagi, salah satunya termasuk bahan jamu pelancar haid. 

Kandungan antioksidan pada teh ini bisa membantu meringankan nyeri menstruasi yang mengganggu. Kamu bisa menyelupkan 1 kantong teh chamomile pada air hangat dan biarkan sebentar. 

5. Kayu manis

Tak sedikit orang percaya bahwa kayu manis bisa membantu mengontrol kadar hormon insulin pada tubuh. Hormon ini juga berpengaruh pada siklus haid. 

Kamu bisa mengonsumsi kayu manis untuk jamu pelancar haid dengan banyak cara. Mulai dari teh hingga taburan pada makanan. Inilah sebabnya, kayu manis juga menjadi salah satu tanaman herbal untuk jamu pelancar haid. Ini terutama untuk wanita dengan kondisi PCOS yang mempunyai kadar insulin yang tinggi dan haid yang tidak teratur.