• Januari 30, 2024

Minuman yang Dapat Membantu Meredakan Batuk Berdahak

mikephilipsforcongress.com – Batuk berdahak sering kali jadi pertanda bahwa seseorang terkena flu atau pilek. Dahak sendiri sebenarnya adalah lendir dari paru-paru atau tenggorokan yang membantu meringankan iritasi atau infeksi di paru-paru. Kondisi seperti alergi, asma, atau GERD (refluks asam kronis) adalah beberapa contoh penyebab timbulnya dahak. 

Cara Alami untuk Membantu Meredakan Batuk Berdahak

Berikut rekomendasi cara penyembuhan batuk berdahak dengan bahan-bahan alami yang mudah untuk dicari : 

1. Jus lemon dan madu

Kombinasi lemon dan madu mengandung ekspektoran, zat pengencer dahak, yang dihasilkan oleh vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Minuman ini juga bisa mengurangi peradangan saluran pernapasan sehingga batuk dan flu cepat mereda. Dibantu juga dengan batuk yang melembabkan tenggorokan dan mengurangi iritasi. 

4. Teh peppermint

Kandungan mentol pada teh peppermint bekerja meredakan batuk berdahak. Selain itu, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala karena pilek dan flu bisa teratasi dengan meminum teh ini. Teh peppermint juga mengandung antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi yang membantu tubuh melawan flu agar pulih dengan cepat. 

5. Uap kayu putih

Rekomendasi yang terakhir bukan untuk diminum tapi dihirup. Uap kayu putih mengandung  ekspektoran dan antiseptik yang membantu meredakan dahak dan hidung tersumbat.  Tapi, perlu diingat jika kamu sensitif dengan minyak kayu putih, lebih baik segera hentikan pemakaian agar kondisi tidak memburuk. 

2. Air jahe dengan kayu manis

Campuran dari kedua bahan ini juga merupakan penghasil ekspektoran. Keduanya memberikan efek mengeringkan pada lapisan  saluran pernapasan. Alhasil, bisa mengatasi batuk berdahak yang disebabkan oleh flu dan pilek. 

3. Thyme dan madu

Thyme dan madu kaya akan zat carvacrol, cymene, timol, dan linalool yang bertugas melawan bakteri penyebab batuk  dan menghilangkan dahak. 

Kombinasi keduanya juga bisa melembabkan tenggorokan untuk meredakan batuk, pilek, dan hidung tersumbat. Tapi, untuk orang yang alergi madu sebaiknya hindari mencampurkan madu ke dalam minuman ini.