• Februari 7, 2024

Makanan yang Harus Dicoba Ketika Berkunjung ke Kalimantan Tengah

mikephilipsforcongress.com – Kalimantan Tengah, terletak di jantung Pulau Borneo, merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam dan kebudayaan. Makanan khas Kalimantan Tengah seringkali dibuat dari bahan-bahan alami yang didapatkan langsung dari hutan tropis, sungai, dan ladang, menghasilkan cita rasa yang otentik dan eksotis. Berikut adalah beberapa hidangan khas Kalimantan Tengah yang patut Anda coba. Keberagaman budaya ini tercermin dalam warisan kulinernya yang menggugah selera.

  • Juhu Umbut Sawit

Juhu umbut sawit adalah salad serat pohon sawit muda yang dimasak dengan bumbu khas. Teksturnya yang renyah dan rasa yang segar menjadikan juhu umbut sawit sebagai pelengkap yang menyegarkan dalam setiap makanan.

  • Jelawat Bakar

Jelawat adalah jenis ikan air tawar yang biasa dibakar dan disajikan dengan sambal khas Kalimantan Tengah. Ikan bakar ini menawarkan sensasi rasa asap yang lezat dengan tekstur daging ikan yang lembut dan gurih.

  • Manuk Lulun

Manuk Lulun adalah ayam yang dimasak dalam ruas bambu, menggunakan bumbu-bumbu lokal yang memberikan rasa khas dan aroma yang menarik. Memasak dengan metode ini memungkinkan ayam menyerap sepenuhnya aroma rempah dan bambu.

  • Kue Bingka

Kue bingka adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung tapioka atau ubi, dengan tekstur yang lembut dan rasa manis. Tersedia dalam berbagai rasa, seperti labu, ubi jalar, dan keju.

  • Soto Bangun

Soto Bangun adalah jenis soto khas suku Dayak yang menggunakan bangun-bangun, sebuah tanaman yang memberikan aroma khas pada kuahnya. Biasanya disajikan dengan daging ayam atau ikan, dan disertai dengan nasi.

  • Wadi

Wadi adalah ikan yang difermentasi dengan garam dan bumbu lainnya, sebuah metode pengawetan tradisional. Wadi bisa dimakan langsung sebagai lauk atau digunakan sebagai bumbu dalam masakan lain.

  • Mandai

Mandai adalah olahan kulit buah cempedak yang diiris tipis dan dijemur hingga kering. Bisa dimasak menjadi berbagai macam hidangan, dari gorengan hingga campuran dalam sayur.

Dari masakan tradisional Dayak hingga kue-kue manis, setiap hidangan memberikan pengalaman rasa yang akan memperkaya pengalaman kuliner Anda. Tak hanya memanjakan lidah, makanan khas Kalimantan Tengah juga menawarkan petualangan kuliner yang menantang dan menggugah selera. Saat berkunjung ke Kalimantan Tengah, pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati keanekaragaman kuliner yang tersedia. Kuliner Kalimantan Tengah menghadirkan perpaduan rasa yang unik dan otentik, menampilkan kearifan lokal dalam setiap sajian.