• Februari 7, 2024

7 Makanan yang Harus Dicoba Ketika Berkunjung ke Malang

mikephilipsforcongress.com – Artikel ini akan membahas beberapa makanan khas Malang yang wajib dicoba oleh pengunjung. Malang, salah satu kota di Jawa Timur, Indonesia, tidak hanya terkenal karena keindahan alam dan kesejukan udaranya, tetapi juga kekayaan kuliner yang beraneka ragam. Keistimewaan kuliner khas Malang tak lepas dari pengaruh budaya dan sejarah yang melatarbelakanginya, menciptakan cita rasa unik yang sulit ditemukan di tempat lain.

  • Bakso Malang

Disajikan dengan kuah kaldu yang gurih, bakso Malang sering ditambahkan dengan mie, bihun, dan taburan bawang goreng. Bakso Malang terkenal dengan variasi isian yang berlimpah, mulai dari bakso halus, bakso kasar, tahu bakso, hingga pangsit.

  • Rawon Nguling

Rawon adalah sup daging sapi khas Jawa Timur yang berwarna hitam pekat karena penggunaan kluwek. Rawon Nguling merupakan varian yang berasal dari daerah Nguling, dekat Malang. Biasanya disajikan dengan nasi hangat, sambal, kerupuk, dan sayuran seperti tauge atau daun bawang.

  • Cwie Mie Malang

Cwie Mie adalah sajian mi ayam khas Malang yang dipengaruhi oleh kuliner Cina. Mi kuning yang kenyal disajikan dengan potongan ayam, bakso ikan, dan sayuran, serta ditaburi dengan bawang goreng dan koya (campuran kerupuk dengan bawang putih).

  • Es Krim Toko Oen

Toko Oen adalah restoran legendaris yang berdiri sejak zaman kolonial Belanda dan terkenal dengan es krim buatan rumahnya. Menyantap es krim di sini tak hanya menikmati rasa, tetapi juga pengalaman bernostalgia di tengah interior yang klasik.

  • Arema (Nasi Goreng Jawa)

Nasi goreng versi Malang ini dinamakan Arema sebagai penghormatan kepada tim sepak bola kesayangan kota, Arema FC. Nasi goreng ini dimasak dengan kecap manis dan rempah, sering ditambahkan dengan lauk seperti sate, kerupuk, dan acar.

  • Pecel

Pecel adalah salad sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang pedas manis dan kerap dijadikan sarapan di Malang. Terdiri dari aneka sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, dan kacang panjang.

  • Sate Landak

Berbeda dari sate pada umumnya, sate landak menawarkan tekstur daging yang lebih padat dan rasa yang khas. Daging landak dibumbui dan dibakar hingga matang, kemudian disajikan dengan bumbu kacang atau kecap.

Malang tidak hanya memanjakan mata dengan keindahannya, tetapi juga memanjakan lidah dengan keanekaragaman kuliner khasnya. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan kuliner khas Malang saat berkunjung ke kota apel ini. Dari camilan ringan hingga hidangan berat, setiap sajian memiliki karakteristik yang menggugah selera dan menyimpan cerita. Pengalaman kuliner di Malang akan menjadi salah satu kenangan yang sulit dilupakan bagi setiap pelancong yang berwisata ke kota ini.