• Februari 7, 2024

Makanan Kuliner yang Menarik Dicicipi Ketika di Manado

mikephilipsforcongress.com – Berikut ini adalah lima makanan khas Manado yang menawarkan pengalaman kuliner tak terlupakan bagi para penikmat makanan. Kota Manado, terletak di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, terkenal dengan kuliner yang kaya akan rempah dan cita rasa yang berani. Makanan khas Manado dikenal dengan tingkat kepedasannya yang tinggi dan penggunaan bahan-bahan segar dari laut serta rempah-rempah eksotis.

  • Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan adalah bubur sayur yang menjadi menu sarapan populer di Manado. Terbuat dari campuran beras, jagung, dan berbagai macam sayuran seperti kangkung, labu siam, dan daun kemangi. Tinutuan biasanya disajikan dengan sambal roa atau ikan asin, menambah kekayaan rasa pada bubur yang lembut.

  • Woku Belanga

Woku adalah metode memasak khas Manado yang menggunakan berbagai macam rempah-rempah dan daun kemangi, serai, serta daun jeruk purut. Biasanya dimasak dengan ayam, ikan, atau daging lainnya, woku belanga merupakan hidangan berkuah yang kaya rasa dan aroma.

  • Sambal Roa

Sambal ini terbuat dari ikan roa yang khas dari Sulawesi Utara, ikan ini diolah dengan bumbu pedas dan dibakar sehingga menciptakan rasa yang unik. Sambal roa sering dijadikan pendamping untuk berbagai hidangan, menambah sensasi pedas yang nikmat.

  • Klappertaart

Klappertaart adalah hidangan penutup yang merupakan pengaruh kuliner Belanda, dengan kelapa sebagai bahan utamanya. Memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang khas, klappertaart biasanya ditaburi dengan kayu manis dan kismis di atasnya.

  • Cakalang Fufu

Cakalang fufu adalah ikan tongkol yang diawetkan melalui proses pengasapan. Dapat dinikmati sebagai lauk yang lezat dengan nasi hangat atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai masakan, seperti noodle cakalang dan panada.

Kuliner Manado tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga menghangatkan jiwa dan memperkaya pengalaman wisata Anda. Saat berkunjung ke Manado, jangan lewatkan kesempatan untuk menyelami dunia rasa yang ditawarkan oleh hidangan-hidangan lezat ini. Dari bubur sarapan yang bergizi hingga hidangan laut yang diawetkan dan kue penutup manis, setiap hidangan memiliki keunikan tersendiri yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner Manado. Makanan khas Manado adalah surga bagi mereka yang mencintai rasa pedas dan rempah-rempah.