• Februari 5, 2024

Sayuran yang Bisa Konsumsi untuk Pengidap Penyakit Asam Urat

mikephilipsforcongress.com – Penyakit asam urat timbul ketika ketika terlalu banyak asam urat menumpuk dan membentuk kristal di persendian. Tubuh membuat asam urat setelah memecah purin, zat yang ditemukan di banyak makanan. Salah satu hal yang dapat membantu untuk mengatasi asam urat adalah mengurangi konsumsi jumlah purin. 

Sayuran adalah salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk pengidap asam urat. Namun, tidak semua sayuran baik dikonsumsi untuk pengidap asam urat, ya! Oleh sebab itu, ketahui jenis-jenis sayuran yang aman dikonsumsi untuk pengidap asam urat berikut:

Sayuran Kaya Antioksidan

Kadar asam urat yang tinggi dalam asam urat juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Antioksidan dapat membantu melindungi diri dari radikal bebas yang dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Maka dari itu, jika kamu mengidap asam urat sebaiknya pilih sayuran yang tinggi kandungan antioksidannya. Sayuran yang rendah purin tetapi tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin E, atau beta-karoten, salah satunya adalah kubis merah.

Kubis merah yang sangat tinggi kandungan beta-karoten, yakni sekitar 600 mikrogram dalam 1 cangkir sayuran mentah cincang. Paprika merah juga merupakan pilihan yang baik karena mengandung 500 mikrogram likopen, vitamin E, dan lebih dari 1.600 mikrogram beta-karoten dalam satu cangkir paprika cincang.

Sayuran Berserat Tinggi

Rutin mengonsumsi sayuran berserat tinggi yang juga rendah purin juga dapat mengurangi gejala asam urat yang kamu miliki. Serat makanan berfungsi melancarkan pencernaan dan dapat memperlambat penyerapan nutrisi. Penyerapan nutrisi yang lambat mampu menjaga kadar asam urat darah tetap rendah. Wortel adalah salah satu pilihan sayuran dengan yang baik dan rendah kandungan purinnya. Pilihan bagus lainnya termasuk kangkung dan bawang mentah cincang.

Sayuran Rendah Purin

Kadar asam urat yang tinggi dapat disebabkan oleh produksi asam urat yang berlebihan atau adanya masalah saat mengeluarkannya melalui urine. Saat jumlahnya sudah menumpuk, asam urat akan membentuk kristal seperti jarum di jaringan persendian. Itu sebabnya kebanyakan pengidap asam urat mengalami rasa sakit seperti ditusuk-tusuk di area persendian. 

Memilih sayuran rendah purin dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mampu mengurangi kemungkinan pembentukan kristal. Makanan rendah purin umumnya menghasilkan kurang dari 100 miligram asam urat per 100 gram makanan. Beberapa sayuran rendah purin contohnya adalah bit, mentimun, selada, kentang, dan labu kuning. Semua jenis sayuran tersebut rata-rata hanya menghasilkan kurang dari 50 miligram asam urat dalam setiap 100 gramnya.