• Februari 5, 2024

Makanan dan Sayuran Mentah Bisa Memicu Keracunan Jika di Konsumsi

mikephilipsforcongress.com – Buah dan sayur adalah makanan yang wajib dikonsumsi semua orang untuk menjaga tubuhnya tetap sehat. Kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya baik untuk menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, makanan tersebut malah dapat menyebabkan tubuh kamu menjadi sakit, salah satunya keracunan makanan.

Hal ini kerap terjadi pada seseorang yang mengonsumsi sesuatu yang mentah, tidak terkecuali pada buah dan sayur. Penyebab seseorang mengalami keracunan makanan adalah karena tidak menjaga kebersihan. Berikut ulasan lengkapnya!

Keracunan Makanan Disebabkan Konsumsi Buah dan Sayur Mentah

Penyakit dapat datang dari mana saja, termasuk sesuatu yang kamu konsumsi secara teratur. Mengonsumsi sayur dan buah yang mentah pun bisa menyebabkan keracunan makanan. Hal ini terbilang umum terjadi terutama pada sayuran yang berwarna hijau.

Memang, sebagian besar kasus dari keracunan makanan umumnya tidak serius, walaupun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Gangguan ini dapat terjadi lebih rentan pada beberapa orang, seperti orang tua dan anak-anak. Saat terjadi, mungkin saja membutuhkan perawatan di rumah sakit, yang mungkin disebabkan oleh dehidrasi.

Untuk meminimalisir risiko yang dapat terjadi, pastikan untuk selalu mencuci buah dan sayur dengan benar sebelum dikonsumsi. Jangan beli sayur dan buah yang sudah memiliki jamur, sudah melembek, hingga yang dijual dengan suhu kamar. Beberapa hal tersebut dapat menimbulkan risiko gangguan keracunan makanan yang lebih tinggi.

Faktanya, makanan apapun yang tidak disajikan atau disimpan dengan benar dapat menyebabkan seseorang yang mengonsumsinya mengalami keracunan makanan. Hal tersebut disebabkan kuman yang dapat menyebabkan penyakit, seperti E.coli, Salmonella, dan Listeria. Penyebab gangguan ini dapat dengan mudah menular melalui tangan ke mulut jika tidak menjaga kebersihan, baik tangan maupun makanannya.

Selain itu, kontaminasi penyebab keracunan makanan tersebut juga dapat terjadi akibat air yang tidak bersih dan meresap ke dalam tanah tempat buah dan sayur tersebut ditanam. Hal ini juga dapat terjadi disebabkan alat pengolahan yang kotor dan cara mempersiapkan makanan yang tidak higienis. Maka dari itu, sayuran hijau sangat berisiko jika dikonsumsi mentah.

Cara Mencegah Keracunan Makanan Akibat Konsumsi Buah dan Sayur

Sumber makanan memang salah satu yang umum untuk menyebabkan keracunan makanan. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan makanan. Sebab, kuman yang dapat menyebabkan seseorang mengidap gangguan pada perut termasuk sangat menular. Gangguan ini paling sering menyebar dari tangan ke mulut, terutama jika orang tersebut belum mencuci tangan dengan benar.