• Februari 3, 2024

Minuman Apa Saja yang Harus di Hindari oleh Pengidap Asam Lambung

mikephilipsforcongress.com – Sudah tahu kalau pengidap penyakit asam lambung tidak boleh asal dalam memilih makanan atau minuman yang akan dikonsumsinya? Beberapa pengidap asam lambung mungkin sudah mengetahui minuman apa saja yang mesti dihindari. Namun, bagaimana dengan minuman yang aman bagi mereka?

1.Teh Herbal

Teh herbal membantu meningkatkan sistem pencernaan dan meredakan banyak masalah perut, seperti bergas dan mual. Cobalah teh herbal bebas kafein untuk meredakan asam lambung.

Namun, sebaiknya hindari teh spearmint atau peppermint. Pasalnya, mint dapat memicu asam lambung bagi kebanyakan orang.

2.Jahe

Rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini bukan hanya memberikan rasa hangat pada tubuh. Air jahe juga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung berkat kandungan antiradang di dalamnya. Kandungan ini yang dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, dan menjadi obat alami bagi pengidap asam lambung.

3.Kunyit

Menurut sebuah studi pada 2007 berjudul “Inflammation and Oxidative Stress in Gastroesophageal Reflux Disease” penyakit asam lambung atau GERD, dapat disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif. Nah, studi tersebut menyarankan GERD harus diobati dengan antioksidan dan antiperadangan.

Sebuah studi terpisah pada tahun 2011 menunjukkan bahwa efek antiinflamasi kurkumin pada kunyit dapat mencegah peradangan esofagus.

Kunyit dan ekstrak kurkuminnya dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Oleh karena itu, kunyit diduga mampu meredakan penyakit asam lambung. 

4.Susu Rendah Lemak (skim)

Susu sapi terkadang sulit dicerna oleh sebagian orang karena mengandung banyak lemak. Seperti semua makanan berlemak tinggi, susu sapi yang kaya lemak dapat mengendurkan otot kerongkongan bagian bawah.

Kondisi ini yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala asam lambung. 

Nah, alternatifnya kamu bisa memilih produk susu sapi, tapi pilihlah yang paling rendah lemak. Namun, sebaiknya jangan berlebihan ketika mengonsumsi minuman ini. 

5.Air Kelapa

Air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan bagus lainnya bagi penderita asam lambung. Minuman ini adalah sumber elektrolit yang punya banyak manfaat, contohnya kalium yang terkandung di dalamnya. Elektrolit ini dapat meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang penting untuk mengendalikan asam lambung.

Nah, itulah beberapa minuman yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam lambung. Namun, hal yang perlu ingat, jangan berlebihan ketika mengonsumsi minuman di atas.