• Februari 5, 2024

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Jarang Diketahui

mikephilipsforcongress.com – Tidur siang adalah aktivitas pendek yang memberikan banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tak butuh waktu lama, kamu bisa mendapatkan manfaatnya cukup dengan tidur sekitar 20–30 menit. Namun, pastikan lingkungan sekitar tenang dan atur suhu ruangan supaya sejuk.

Lantas, apa saja manfaat tidur siang yang masih jarang diketahui? Berikut ulasan selengkapnya!

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

Tidur siang yang kamu lakukan dengan tepat tidak hanya membantu mengurangi rasa kantuk, tetapi juga meningkatkan suasana hati. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif menjalani sisa hari. Adapun manfaat tidur siang lainnya untuk kesehatan, termasuk:

Meningkatkan daya ingat

Kebiasaan hidup sehat ini ternyata dapat membantu meningkatkan daya ingat. Sebab, aktivitas ini punya peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan.

Ini termasuk mencegah lupa dari hal-hal penting, seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal. Studi dalam Sleep Research Society menemukan, tidur siang bermanfaat bagi ingatan jangka panjang ketimbang tetap terjaga.

Membuat lebih produktif

Banyaknya aktivitas bisa memicu penurunan produktivitas. Inilah sebabnya tak sedikit orang yang mengalami penurunan fokus dan konsentrasi menjelang sore hari. Kabar baiknya, tidur siang bisa membantu kamu memiliki kinerja yang lebih konsisten. 

Menurut studi berjudul Daytime nap as a factor of happiness to impact on work performance: Evidence from the United Arab Emirates, dalam Journal of Administrative and Business Studies (2019), tidur siang bisa meningkatkan kemampuan seseorang jadi untuk selalu siap, meningkat performa pekerjaan, dan mengurangi risiko melakukan kesalahan. 

Membantu meredakan stres

Stres muncul akibat beban atau tekanan berlebihan dalam otak. Dengan tidur siang, masalah yang mengganjal bisa selesai dengan solusi yang tepat. Studi menyebutkan, tidur siang selama 15 menit setiap hari bisa membantu mengurangi stres. Sebab, tidur siang memicu perubahan aktivitas saraf simpatik dari sistem saraf otonom sebagai pemicu stres.

Meningkatkan kreativitas

Jika kamu kehabisan ide saat bekerja, cobalah untuk beristirahat dan tidur tidur siang sejenak. Studi dari Universitas California berhasil membuktikan bahwa manfaat tidur siang juga dapat meningkatkan kreativitas. 

Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang tidur siang memiliki kreativitas yang lebih tinggi. Manfaat itu dapat terjadi meski tidur dengan gerakan mata yang cepat atau terlelap sampai bermimpi.

Menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung

Studi lain turut membuktikan bahwa manfaat tidur siang dapat menurunkan tekanan darah karena penurunan hormon kortisol. Faktanya, kortisol juga menjadi hormon yang memicu naiknya tekanan darah. Dengan tidur siang meski sebentar, stres bisa menurun dan tekanan darah tetap stabil.

Memperbaiki suasana hati

Jika sedang merasa sedih atau bad mood, cobalah untuk tidur siang sejenak. Sebab, tidur siang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memperbaiki suasana hati.

Selain itu, aktivitas ini membantu menurunkan risiko depresi. Ini karena tidur siang dapat menghadirkan efek relaksasi saat kamu sedang jenuh dan stres.

Meningkatkan kewaspadaan

Manfaat tidur siang lainnya adalah membantu meningkatkan kewaspadaan. Ini karena tidur siang dapat memulihkan kembali otak yang mengalami kelelahan akibat terlalu banyak menerima informasi. 

Ketika tidur siang, otak akan menghilangkan informasi yang tidak perlu dari bagian penyimpanan sementara, sehingga setelahnya, otak bisa kembali menyerap informasi yang baru.