• Januari 29, 2024

Jenis Makanan Pantangan untuk Pengidap Penyakit Vertigo

mikephilipsforcongress.com – Sensasi berputar dan pusing tersebut dapat menghambat seseorang dalam aktivitas. Vertigo adalah kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala tak tertahankan, serta merasakan sensasi seperti lingkungan sekitar berputar.

Berikut ulasannya! Nah, ternyata ada beberapa makanan pantangan vertigo yang perlu dihindari untuk mencegah kekambuhan, lho. Mau tahu apa saja?

Pantangan Makanan Saat Vertigo

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kambuhnya serangan vertigo adalah menjaga pola makan. Sebab, ada beberapa jenis makanan pantangan vertigo yang perlu dihindari.

Rasa pusing yang terasa ketika serangan vertigo muncul dapat berlangsung selama beberapa menit, jam, dan dapat hilang-muncul. Ketika gejalanya kambuh, vertigo dapat memunculkan gejala berupa mual, muntah, nistagmus (pergerakan bola mata yang abnormal), berkeringat, hingga hilangnya pendengaran.

Berikut beberapa jenis makanan pantangan vertigo yang perlu dihindari:

  • Makanan manis atau tinggi gula

Makanan dan minuman manis atau tinggi gula, seperti yang mengandung madu, gula pasir, gula merah seperti kue dan soda, sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga yang meningkatkan gejala vertigo. Sebagai pilihan yang lebih sehat, gunakanlah gula kompleks yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, kentang dan sayuran.

  • Minuman beralkohol

Pengaruh negatif dari alkohol juga dapat membuat tubuh dehidrasi dan memicu metabolit berbahaya bagi telinga bagian dalam dan otak. Selain itu, alkohol juga terkenal sebagai pemicu serangan migrain yang juga menyebabkan pusing dan mual.

Minuman beralkohol juga perlu dibatasi oleh pengidap vertigo, karena dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga bagian dalam. Alkohol juga dapat memperburuk rasa pusing, ketika dikonsumsi oleh pengidap vertigo. 

  • Makanan asin atau tinggi garam

Mengonsumsi makanan asin atau tinggi garam juga dapat memicu penahanan air berlebih dan memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan di tubuh. Oleh sebab itu, pengidap vertigo sebaiknya menjauhi makanan tinggi garam atau sodium, seperti keju, popcorn, keripik, kecap, dan makanan kaleng.

Makanan asin atau yang mengandung tinggi garam perlu dikurangi atau dihindari pengidap vertigo. Sebab, kandungan sodium dalam garam dapat memperburuk vertigo. 

  • Makanan dan minuman berkafein

Kafein yang terkandung dalam aneka makanan dan minuman, seperti kopi, teh, cokelat, minuman energi dan soda dapat meningkatkan sensasi dengung di dalam telinga. Itulah sebabnya, pengidap vertigo sebaiknya menghindari kafein.