• Januari 29, 2024

Apa saja Makanan Sehat untuk Pengidap Asam Lambung?

mikephilipsforcongress.com – Ada banyak faktor yang memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, salah satunya adalah makanan. Contohnya, buah-buahan dengan rasa asam, makanan tinggi lemak, makanan pedas, dan coklat. Ini artinya, kamu perlu selektif dalam memilih makanan untuk asam lambung.

Sebab, ketika asam lambung naik, akan muncul sensasi rasa pahit dalam mulut. Gejala lainnya termasuk mual, muntah, sensasi panas pada perut, dan mengalirnya makanan kembali ke kerongkongan.

Pilihan Makanan untuk Asam Lambung yang Aman

Padahal, keduanya jelas berbeda. Sementara itu, guna mencegah munculnya gejala penyakit tersebut, pengidap tentu perlu memperhatikan menu makanan harian dan asupannya. Kamu bisa membaca artikel Ketahui Perbedaan antara Asam Lambung dan Maag untuk informasi lengkapnya. Berbicara soal asam lambung berlebih, terkadang tak sedikit orang menyamakan penyakit asam lambung dan maag.

Berikut ini pilihan makanan untuk asam lambung yang aman:

Jahe

Tanaman herbal ini tak hanya memberi kehangatan, tapi juga dapat menurunkan potensi munculnya gejala asam lambung. Selain itu, tanaman herbal ini juga menjadi agen makanan penting yang memiliki efek karminatif, mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, kram usus, dan mencegah dispepsia dan perut kembung. 

Makanan untuk asam lambung yang pertama adalah jahe. Jahe memiliki kandungan antiinflamasi untuk mengatasi masalah pencernaan dan menjadi obat alami untuk masalah asam lambung atau maag. Studi dalam Food Science & Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi jahe kurang dari 1500 miligram efektif meredakan mual akibat asam lambung.

Sayuran

Kamu bisa menggunakan bumbu seperti kunyit atau kayu manis untuk menambah rasa. Namun, tidak boleh lupa bahwa menambahkan mentega, rempah-rempah, lemon, saus tomat, dan saus salad dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Secara alami, sayuran rendah kandungan gula dan lemak sehingga menjadi makanan yang aman dan menyehatkan untuk pengidap asam lambung. 

Oatmeal, makanan untuk asam lambung

Dalam mengatasi gejala asam lambung, oatmeal bekerja dengan menyerap produksi asam lambung berlebih. Jenis makanan untuk asam lambung lainnya adalah oatmeal. Kudapan ini kaya akan serat yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama. 

Daging tanpa lemak dan seafood

Daging yang berlemak tinggi sering menjadi pemicu naiknya asam lambung. Itu sebabnya, pengidap asam lambung sebaiknya memilih daging rendah lemak yang mudah dicerna oleh lambung. 

Buah-buahan non-sitrus

Sementara itu, asupan buah-buahan sebagai makanan untuk asam lambung yang aman adalah kelompok non-sitrus atau buah yang tidak memiliki rasa asam.

Beberapa pilihan buahnya yaitu: 

Buah apel ini kaya akan serat dan merupakan sumber kalsium, kalium serta magnesium yang mampu meredakan gejala asam lambung. Namun, pastikan kamu tidak memilih apel yang berwarna hijau karena memiliki rasa cenderung asam.

Buah pepaya ini tak hanya bekerja sebagai pencahar alami. Makanan untuk asam lambung ini mengandung enzim papain yang bekerja dengan mencerna protein dalam lambung ketika gejala penyakit asam lambung kambuh.

Buah pisang ini memiliki kandungan pH sekitar 5,6 sehingga bisa menetralkan asam lambung sekaligus meredakan gejalanya. Selain itu, buah ini juga bekerja dengan melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya asam lambung.

Rekomendasi buah alpukat yang baik untuk asam lambung karena memiliki kandungan lemak sehat dan serat yang tinggi. Tidak hanya membuat kenyang lebih lama, serat juga mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.