• Februari 4, 2024

Manfaat Belajar Alat Musik Sejak Kecil

mikephilipsforcongress.com – Ada banyak manfaat belajar alat musik, terutama jika dimulai sejak anak-anak. Secara umum, musik dikenal dengan manfaatnya yang besar untuk perkembangan otak anak, itulah alasan mengapa ibu hamil disarankan untuk mendengarkan musik kepada anak sejak masih di dalam kandungan.

Memperdengarkan lagu kepada bayi yang masih ada di dalam kandungan diketahui dapat merangsang dan meningkatkan reaksi aktivitas otaknya. Bayi yang baru lahir juga lebih dulu mengenali irama dibanding mengenali kata-kata. Tidak hanya mendengarkan musik, memberi latihan musik kepada anak ketika ia sudah agak besar juga banyak manfaatnya lho, apa saja?

Beragam Manfaat Belajar Alat Musik untuk Anak

Belajar alat musik faktanya bisa memberi beragam manfaat. Semakin dini usia anak saat belajar, maka semakin banyak manfaat yang akan didapat. Selain itu, Si Kecil juga cenderung akan lebih cepat mahir memainkan alat musik jika latihan sudah dimulai sejak dini. Secara umum, ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari latihan ini, antara lain:

  • Membantu Anak Mengendalikan Emosi

Nyatanya, musik memang memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan mental seseorang, termasuk anak-anak. Ada penelitian yang menemukan bahwa latihan musik dapat membantu mengurangi kecemasan yang dialami anak-anak. Berlatih instrumen musik juga disebut bisa menjadi salah satu metode “emotional coping strategy” dalam jangka panjang.

  • Anak Lebih Fokus

Latihan musik dapat membantu anak-anak menjadi lebih fokus pada apa yang mereka kerjakan. Selain itu, anak yang pandai memainkan alat musik juga disebut memiliki perkembangan otak yang lebih baik. Hal itu menjadi alasan penting mengapa harus mengajarkan dan mengenalkan Si Kecil setidaknya satu alat musik.

  • Membuat Anak Lebih Pintar

Belajar memainkan alat musik tertentu, seperti drum yang menggabungkan gerakan tangan dan kaki sangat baik untuk merangsang area motorik pada otak anak. Selain itu, anak juga belajar untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh dengan penglihatan, pendengaran, dan otak saat bermain musik. Hal itu dapat membuatnya berpikir lebih cepat, memiliki daya ingat yang kuat, serta meningkatkan kemampuan otak kanan dan kirinya.

  • Belajar Disiplin dan Sabar

Bermain musik tidak mudah. Untuk bisa menguasai sebuah lagu, Si Kecil harus berlatih terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi, latihan musik secara tidak langsung juga mengajarkan anak untuk disiplin dan sabar, karena untuk menguasai suatu alat musik, dibutuhkan proses yang panjang.

Bisa memainkan alat musik juga disebut akan membantu anak memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Maka dari itu, orangtua sebaiknya selalu mendukung Si Kecil. Cobalah untuk memperhatikan instrumen musik apa yang paling disukai anak dan biarkan ia belajar alat musik tersebut dengan memberikan kursus.