• Februari 9, 2024

Bika Ambon Khas Medan yang Menjadi Sebuah Simbol Makanan Terkenal

mikephilipsforcongress.com – Bika Ambon adalah kue tradisional yang berasal dari Indonesia, lebih tepatnya dari kota Medan, Sumatera Utara, meskipun namanya mengacu pada Ambon, Maluku. Dikenal dengan tekstur berpori unik dan rasanya yang manis serta sedikit berfermentasi, Bika Ambon menjadi salah satu kue favorit yang sering dijadikan oleh-oleh khas Medan. Artikel ini akan membahas sejarah dan perjalanan Bika Ambon sebagai salah satu makanan tradisional Indonesia yang kaya akan cita rasa dan keunikan.

Asal-Usul Bika Ambon:

Sejarah Bika Ambon tidak terlepas dari interaksi budaya dan perdagangan antar etnis dan bangsa yang terjadi di Sumatera Utara. Diperkirakan, resep Bika Ambon dibawa oleh pedagang dari Ambon atau berakar dari tradisi kuliner Melayu yang dipengaruhi oleh rempah-rempah dan teknik fermentasi. Nama “Ambon” mungkin berasal dari kesalahpahaman atau sebagai penghormatan kepada pedagang-pedagang asal Maluku yang menjual kue ini di Medan.

Perkembangan Bika Ambon:

Bika Ambon tradisional hanya memiliki satu rasa, yaitu rasa original yang manis dengan aroma sedikit beralkohol akibat proses fermentasi. Namun, seiring waktu, para pembuat Bika Ambon mulai bereksperimen dengan berbagai rasa, seperti keju, pandan, durian, cokelat, dan bahkan mocha. Variasi ini menjawab permintaan pasar yang terus berkembang dan ingin mencoba sesuatu yang baru dari kue tradisional ini.

Bika Ambon dalam Kehidupan Masyarakat:

Bika Ambon dikenal sebagai kue yang sering disajikan dalam berbagai acara, baik itu acara keagamaan, perayaan, maupun sebagai sajian untuk tamu yang berkunjung. Produksi Bika Ambon di Medan tidak hanya menjadi bisnis rumahan, tetapi juga telah berkembang menjadi industri rumahan yang cukup besar. Sejumlah toko khusus yang menjual Bika Ambon dapat dengan mudah ditemukan di Medan, menjadikannya sebagai ikon kuliner kota tersebut.

Tantangan Pelestarian dan Komersialisasi:

Sebagai salah satu kue tradisional, Bika Ambon menghadapi tantangan dalam hal pelestarian resep dan metode pembuatan autentik di tengah tren komersialisasi dan modernisasi. Meskipun variasi rasa baru menambah popularitasnya, penting bagi pengrajin Bika Ambon untuk tetap mempertahankan kualitas dan karakteristik asli kue ini.

Bika Ambon adalah contoh dari kekayaan dan keragaman kuliner Indonesia yang telah berkembang dan menyesuaikan diri dengan selera modern tanpa meninggalkan esensi tradisionalnya. Dari Medan ke seluruh Indonesia, dan bahkan ke mancanegara, Bika Ambon terus menjadi salah satu makanan yang dicari oleh pecinta kuliner. Sebagai warisan budaya, Bika Ambon tidak hanya bertahan sebagai makanan yang enak, tetapi juga sebagai simbol dari sejarah dan budaya yang kaya dari suatu daerah di Indonesia. Keberadaannya yang tetap populer hingga hari ini menandakan bahwa Bika Ambon akan terus menempati tempat spesial di hati para penikmatnya.