• Februari 4, 2024

Bagaimana Cara Mengatasi dan Mencegah Stress Eating

mikephilipsforcongress.com – Stress eating adalah makan sebagai cara untuk menekan atau menenangkan emosi negatif, seperti stres, kemarahan, ketakutan, kebosanan, kesedihan dan kesepian. Peristiwa besar dalam hidup atau kejadian menyebalkan yang terjadi sehari-hari dapat memicu emosi negatif yang mengarah pada stress eating. 

Stress eating tidak hanya bisa berdampak pada obesitas, melainkan juga kesehatan secara keseluruhan. Adakah cara efektif untuk mencegah terjadinya stress eating? Baca selengkapnya di sini!

Ketahui Penyebab Stres

Mengetahui penyebab stres bisa mencegah terjadinya stress eating. Hal ini karena kamu jadi tahu tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan sering makan. Misalnya setiap kali kesal atau sedih kamu pasti lari ke makanan. Jadi, kenali emosimu dan coba untuk mengabaikan keinginan untuk makan.

Manajemen Stres

Ketimbang lari ke makan, kamu bisa mencoba pelampiasan lain. Misalnya dengan melakukan olahraga atau curhat dengan teman. Kalau curhat dengan teman tidak terlampiaskan atau seringnya malah diselingi makan, ada baiknya kamu melampiaskannya ke hal lain. Yoga atau mendengarkan musik sambil menari bisa jadi pelampiasan yang baik.

Camilan Sehat

Jika kamu merasa ingin mengunyah sesuatu, pilihlah camilan yang sehat, seperti buah segar, salad dengan dressing rendah lemak, kacang-kacangan atau popcorn tanpa mentega. Coba versi rendah kalori dari makanan favoritmu untuk melihat apakah ini dapat memuaskan keinginan stress eating-mu.

Minum Air

Mempertahankan hidrasi membantu kamu mencegah makan berlebihan yang berhubungan dengan stres. Faktanya, penelitian telah menemukan hubungan antara dehidrasi kronis dan peningkatan risiko obesitas. Selain itu, dehidrasi dapat menyebabkan perubahan suasana hati, perhatian, tingkat energi yang juga dapat memengaruhi kebiasaan makan. 

Menuliskan Kekesalan

Stress eating berkaitan dengan emosi, dan untuk mengendalikan supaya kamu tidak makan tanpa kontrol kamu harus mengeluarkan emosi tersebut. Cobalah menuliskan semua kekesalanmu. Tidak perlu terstruktur dan cermati emosimu serta alihkan ke hal lain.